Selasa, 09 November 2010

INSTALL WINDOWS XP

INSTALL WINDOWS XP

Step 1 - Mengatur Bios

Hidupkan komputer kemudian akses "BIOS" komputer anda, untuk akses bios tekan "DEL" pada keyboard, beberapa komputer tidak sama untuk mengakses "BIOS", ada bisa lihat di menu POST, seperti contoh :

"Press DEL to enter setup..." 

NB : Anda harus cepat menekan tombolnya karena proses booting hanya beberapa detik saja.

Masukkan CD/DVD Install, setelah itu atur Boot Order/Boot Proritas pada Bios agar sewaktu melakukan proses menghidupkan komputer yang pertama dibaca adalah CD/DVD room. Exit and Save BIOS anda

Step 2 - Proses Installasi

Jika pengaturan BIOS sudah benar, begitu save and exit setelah komputer REBOOT maka akan muncul pesan sebagai berikut :

" Press any key to boot from cd..."

tekan sembarang tombol pada keyboard untuk memulai installasi. Tunggu sesaat cd/dvd install bekerja sampai tampil menu Pembagian Partisi.

Step 3 Pembagian Partisi

Jika anda memasang hardisk baru maka akan tampil info mengenai total space atau kapasitas hardisk tersebut. Kemudian lihat pada baris menu dibawah maka ada perintah dasar pengaturan partisi.

Enter=Install     C=Create Partition      F3 = Quit

jika anda ingin membagi partisi tekan huruf "C" pada keyboard maka akan tampil menu pembagian partisi berikut contohnya jika anda memunyai hardisk sebesar 100 GB :

1000 KB =  1 MB
10.000 MB = 1 GB

untuk HDD 100 GB jika ingin dibagi 2 maka :

100GB/2 = 100.0000 MB/2 hasilnya :

untuk C = 50.000 MB ( 50 GB )
untuk D = 50.000 MB ( 50 GB )

untuk contoh diatas, setelah anda tekan "C" pada keyboard maka akan muncul total kapasitas hardisk anda tekan backspace dan ketikan :

50.0000 lalu enter, maka partisi C: sudah selesai dibuat untuk D maka secara otomastis unlocation disk space/sisa dari pembagian tadi sebesar 50.000 MB atau 50 GB pilih unlocation diskspace/sisanya tekan enter jika ingin sisanya digunakan semuanya yakni sebesar 50.000 atau 50 GB. Maka Partisi D: telah selesai dibuat.

Jika anda ingin membagi 50 GB (dengan catatan masih berbentuk Unlocation Space) tersebut menjadi 2 lagi maka anda tekan "C" pada keyboard selanjutnya seperti langkah diatas.

Step 4 Formating

Jika anda pernah menginstall sebelum nya makan anda dapat langsung hanya mendelete partisi C: saja kemudian memformatnya.

Perintah Delete : D=Delete Partition>>L=Delete>>Enter
dan ikuti langkah membuat partisi baru seperti langkah diatas

Setelah membuat partisi, pilih partisi yang akan diinstal Windows (disarankan partisi C:) lalu tekan enter untuk memulai installasi.

Selanjutnya anda dapat mengikuti petunjuk saat installasi berlangsung hingga selesai.

Tidak ada komentar: